Cara Memperbaiki Flashdisk atau Memory Card yang Rusak


Halo semuanya, postingan kali ini membahas tentang cara memperbaiki flashdisk atau memory card yang rusak. Kerusakan yang sering ditemui oleh kita sebagai pengguna flashdisk atau memory card yaitu:
  1. Tidak terbaca di windows explorer
  2. Muncul perintah untuk memformat flashdisk atau memory card yang walaupun setelah diformat tidak menyelesaikan masalah

  3. Kapasitas flashdisk atau memory card yang tiba-tiba berubah secara tidak masuk akal

Saya membuat artikel ini dikarenakan beberapa waktu yang lalu, saya tertimpa musibah ketika ingin membuat ISO Kali Linux ke dalam flashdisk Sony 8gb yang sudah menggunakan USB 3.0. Tidak ada yang salah ketika menggunakan software untuk membuat ISO tersebut, hal ini dikarenakan saya telah membaca dokumentasi yang ada pada website Kali Linux. Namun, setelah proses format selesai, flashdisk tersebut malah berubah kapasitasnya menjadi 15mban (kalau tidak salah). Antara sial atau beruntung, saya menemukan solusi bahwa dengan software tersebut kita dapat memperbaiki flashdisk yang rusak dengan mudahnya.

Baiklah, langsung saja saya berikan langkah-langkah untuk memperbaiki flashdisk atau memory yang rusak:
  1. Pertama-tama, Anda harus mendownload software yang bernama Win32 Disk Imager di website Sourceforge.net dengan membuka link berikut: KLIK. Setelah Anda klik link download tersebut, maka silahkan lanjut ke proses install dan jalankan softwarenya.

  2. Pastikan Anda sudah menghubungkan perangkat keras yang rusak seperti flashdisk atau memory ke laptop/ komputer. Dengan software ini kita dapat melihat sudah/ belum nya perangkat dihubungkan seperti gambar berikut ini.


    Terlihat dari gambar diatas bahwa pada bagian Device sudah ada perangkat yang terhubung di direktori H.
  3. Tahap selanjutnya adalah mencari file ISO yang telah Anda buat dengan software pembuat ISO seperti PowerISO ataupun Nero.


    Apabila Anda sudah memiliki file ISO maka silahkan cari filenya dengan mengklik ikon folder disamping bagian Device dan tulisan H seperti yang terlihat di gambar diatas
  4. Kemudian, klik tombol Write untuk melanjutkan proses format flashdisk atau memory card yang telah rusak


    Apabila proses telah selesai 100% dan selesai, maka insyaallah flashdisk atau memory card yang rusak dapat kembali normal seperti baru.


CATATAN

  1. Jumlah size file ISO harus sesuai dengan kapasitas Flashdisk atau memory card yang Anda miliki. Misalkan, flashdisk Anda berukuran 8gb maka file ISO yang harus dibuat harus kurang dari 8gb, karena apabila pas atau lebih maka proses tidak akan berjalan atau gagal.
  2. Anda dapat membuat file yang berformat ISO atau .iso dengan berabgai macam software yang dapat Anda cari di gugel seperti Nero dan PowerISO.
  3. Apabila flashdisk atau memory card Anda tetap tidak bisa kembali normal, berarti kerusakan yang telah terjadi sangatlah parah.
Semoga dengan sedikit info ini dapat menyelesaikan masalah yang Anda alami. Terima kasih telah membaca dan berkunjung ke web ini.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama