Minggu, 01 Januari 2017

Cara Membuat Fungsi base_url pada Native PHP
Cara Membuat Fungsi base_url pada Native PHP


Halo semua, kali ini saya akan memberikan tutorial tentang Cara Membuat Fungsi base_url pada Native PHP, fungsi ini dapat ditemui pada salah satu framework yang ada, yaitu Codeigniter. Fungsi base_url yang akan kita buat ini merupakan fungsi untuk mendapatkan link atau url dasar suatu project atau website. Apabila belum mengerti, maka bisa kita lihat pada contoh berikut:

<?php
echo $base_url;
// akan menghasilkan: http://localhost/namaprojectanda atau http://www.google.com
?>

Selanjutnya kita masuk ke kodingan fungsi ini, cukup salin dan simpan script berikut:


Jadi, ketika Anda ingin menggunakan fungsi ini cukup panggil/ include kan pada bagian yang akan ditampilkan. Misalkan Anda sedang membuka file produk.php, kemudian Anda ingin mendapatkan base_url dari produk yang akan ditampilkan maka cukup panggil nama fungsi diatas dan gabungkan dengan script yang telah Anda buat.

Saya pribadi merasakan manfaat yang sangat besar dari fungsi ini pada native php, terutama dalam urusan SEO. SEO yang saya maksud adalah pada saat penampilan url file foto yang telah diupload yang nantinya apabila website yang telah dibuat akan diberikan fitur tombol share. Sepengalaman saya, fungsi share facebook membutuhkan link yang akurat pada foto yang akan ditampilkan saat membagikan suatu halaman website kita. Hal ini tidak akan menjadi masalah apabila link foto berada di luar folder tertentu, namun akan menjadi masalah ketika berada di dalam sub folder.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini agar yang lain kebagian juga informasinya

0 comments:

Posting Komentar

Contact

Send Me A Email

Address

ContactInfo

Address:

Perumnas Sako, Palembang, South Sumatra, Indonesia

Phone:

+6281228289766

Email:

amperakoding@gmail.com