Cara Install Xampp yang Baik dan Benar pada OS Windows



Pada tutorial kali ini, saya akan membahas tentang Cara Instal Xampp yang Baik dan Benar pada OS Windows. Xampp merupakan software yang berisi berbagai macam paket instalasi yang terkenal di kalangan web developer saat ini, xampp terdiri dari:
  1. PHP
  2. Apache
  3. Mysql
  4. FileZilla
  5. phpMyAdmin
  6. Tomcat

Pengertian/ Kepanjangan XAMPP

XAMPP adalah singkatan yang masing-masing hurufnya adalah:

X
Program ini dapat dijalankan dibanyak sistem operasi, seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.

A
Apache, merupakan aplikasi web server. Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan,maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.

M
MySQL, merupakan aplikasi database server. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database.

P
PHP, bahasa pemrograman web. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Sistem manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQl. namun PHP juga mendukung sistem manajement database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL, dan sebagainya

P
Perl, bahasa pemrograman untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1. Pada versi-versi selanjutnya, Perl tersedia pula untuk berbagai sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows,PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.

Komponen Utama pada Xampp

Ada 3 komponen utama pada Xampp, antara lain:
  1. htdocs
    Merupakan folder tempat meletakkan berkas-berkas yang akan dijalankan, seperti berkas PHP, HTML dan skrip lain.
  2. phpMyAdmin
    Merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada dikomputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikkan alamat http://localhost/phpMyAdmin, maka akan muncul halaman phpMyAdmin.
  3. Kontrol Panel
    Berfungsi untuk mengelola layanan (service) XAMPP. Seperti menghentikan (stop) layanan, ataupun memulai (start).

Cara Install Xampp yang Baik dan Benar pada OS Windows

Ada beberapa tahapan dalam cara menginstall xampp dengan baik dan benar, yaitu:
  1. Pertama-tama, Anda harus memiliki softwarenya terlebih dahulu. Apabila belum memiliki, maka harus download melalui websitenya langsung atau melalui google.

  2. Setelah Anda memilih/ mengklik link yang ada lingkaran merah pada foto diatas, maka langkah selanjutnya adalah mendownload versi Xampp sesuai OS yang Anda pakai.

  3. Setelah selesai mendownload Xampp, maka jalankan file tersebut yang nantinya akan muncul tampilan sebagai berikut:

  4. Kemudian, setelah Anda klik next pada tahap ke-3 diatas, maka akan muncul tampilan untuk menginstall komponen apa saja yang dibutuhkan. Silahkan klik next dan biarkan tercentang semua.

  5. Pada tahap ini, Anda akan diberikan pilihan untuk memilih lokasi instal Xampp, saya menyarankan kepada Anda untuk menginstal pada direktori D laptop/ PC Anda karena untuk memudahkan backup data yang apabila direktori C windows Anda bermasalah/ harus diinstall ulang.

  6. Selanjutnya, muncul lagi tampilan seperti berikut yang diabaikan saja dan klik next.4

  7. Pada tahap ke-7 akan muncul tampilan bahwa Xampp sudah siap untuk diinstall, kemudian silahkan klik next.

  8. Proses instalasi Xampp yang sedang berjalan

  9. Apabila muncul tampilan seperti berikut, maka silahkan di “Allow Access” kan saja

  10. Proses instalasi telah selesai, pada tahap ini harap di hilangkan saja centang yang ada pada tampilan berikut:

  11. Kemudian masuk ke folder xampp dimana Anda menginstall, klik kanan pada xampp-control dan pilih “Run As Administrator” seperti pada tampilan berikut

  12. Apabila muncul pilihan seperti ini, silahkan pilih yang bendera amerika untuk tampilan dalam bahasa inggris.

  13. Setelah itu, jendela xampp control panel akan terbuka secara otomatis. Namun, apabila tidak tampil, maka klik kanan pada icon xampp yang ada di taskbar windows Anda di bagian sudut kanan bawah, lalu klik show/hide seperti foto berikut

  14. Setelah melalui langkah ke-13, maka akan muncul jendela Xampp Control Panel seperti berikut:

  15. Tahap selanjutnya adalah menginstall Apache dan MySQL melalui Xampp Control Panel, caranya adalah dengan mengklik tanda silang X pada samping kiri Apache/ MySQL dan pilih yes yang nantinya akan muncul tampilan seperti berikut:

  16. Sama seperti tahap ke-15, namun tahap ini untuk menginstall module MySQL nya

  17. Tahap terakhir, apabila berhasil diinstall dan dijalankan/ start maka akan muncul tampilan seperti berikut:


Atau Anda bisa ikuti dari video berikut ini:


Semoga bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama