Cara Konfigurasi Kirim Email pada Library ion_auth Tanpa atau dengan SMTP

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Cara Konfigurasi Kirim Email pada Library ion_auth Tanpa atau dengan SMTP. Artikel ini dibuat karena banyak yang masih bingung cara setup kirim email di ion_auth. Artikel ini juga akan saya masukkan di file google drive, dan bagi Anda yang telah memilikinya silahkan cek kembali.


Baiklah tanpa basa-basi panjang lebar lagi silahkan perhatikan langkah-langkahnya berikut ini.

TANPA SMTP


  1. Perhatikan 2 baris yang saya blok di gambar diatas pada file ion_auth.php pada folder config.
  2. Silahkan Anda ubah site_title menjadi nama web Anda yang valid/ benar misalkan: azmicolejr.com dan admin_email seperti: mail@azmicolejr.com.
  3. Email tersebut harus Anda miliki/ buat di server Anda.
  4. Scroll ke bawah dan pastikan $config['use_ci_email'] = FALSE; telah dirubah nilainya dari FALSE menjadi TRUE. Hal ini akan membuat ion_auth mengirimkan format email dengan fungsi mail()
  5. Selesai
CATATAN
Supaya metode ini dapat berjalan, pastikan terlebih dahulu sebelum membeli server apakah pihak hosting menyediakan fitur mail() atau tidak. Kalau tidak maka cari yang bisa, saya pribadi hosting di dewaweb.

Dengan SMTP

Pada bagian ini saya membahas dengan SMTP. Sebenarnya setting SMTP ini lumayan ribet, saya pribadi tidak menggunakan metode ini karna lebih mudah apabila menggunakan fungsi bawaan php yaitu mail(). Namun, ada pihak hosting yang tidak memberikan fungsi ini secara default/ bawaan. Saya tidak merubah source code yang sudah ada dengan metode ini. 

LANGKAH-LANGKAH:
  1. Matikan terlebih dahulu verifikasi 2 langkah di akun gmail Anda, silahkan ke https://support.google.com/accounts/answer/1064203?hl=id 
  2. Buka file ion_auth.php pada folder config.
    Ganti $config['identity'] = 'username’; menjadi $config['identity'] = ‘email’;Ganti $config['use_ci_email'] = TRUE; menjadi $config['use_ci_email'] = FALSE;
  3. Buka file Auth pada direktori project: admin/Auth.php. Scroll atau cari baris function forgot_password dan copas skrip berikut pada function forgot_password tersebut:


  4.  Pada function username_check di file model: Ion_auth_model, ganti return $this->db->where(username', $username) menjadi return $this->db->where(email’, $username)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama