Cara Membuat SItemap pada Sebuah Website atau Blog


Sitemap atau Peta Situs adalah file tempat Anda memberikan informasi tentang halaman, video, dan file lain di situs Anda, dan hubungan di antara mereka. Mesin pencarian seperti Google akan membaca file ini untuk crawling atau merayapi situs Anda dengan lebih efisien. Peta situs memberi tahu Google halaman dan file mana yang menurut Anda penting di situs Anda, dan juga memberikan informasi berharga tentang file ini. Misalnya, kapan halaman terakhir diperbarui dan versi bahasa alternatif apa pun dari halaman tersebut. Anda dapat menggunakan peta situs untuk memberikan informasi tentang jenis konten tertentu di halaman Anda, termasuk video, gambar, dan konten berita. 

Sedikit catatan, apabila Anda menggunakan website berbasis blogger atau blogspot maka tidak perlu mengikuti tutorial untuk pembuatan dibawah ini. Silahkan akses ke artikel saya yang lain disini untuk mengatur alamat sitemapnya.

Bagaimana Cara Membuat Sitemap Secara Keseluruhan?

  1. Ada berbagai macam tempat untuk membuat sitemap atau Sitemap Generator, salah satunya adalah di XML-Sitemaps https://www.xml-sitemaps.com/. Silahkan buka link tersebut karena saya akan menggunakan website tersebut pada tutorial ini.
  2. Setelah berhasil membuka websitenya, maka Anda akan diberikan tampilan seperti berikut ini. Isikan url website yang ingin dibuat sitemapnya pada form yang ada dibawah tulisan Just enter your website URL to create a sitemap, seperti https://muhazmi.com



  3. Silahkan tunggu prosesnya yang memakan waktu sekitar 1-5 menitan. Semakin banyak halaman yang ada di website ataupun blog Anda maka akan semakin lama pula xml-sitemaps.com crawling situs Anda.



  4. Apabila telah selesai maka tampilannya akan seperti ini:



  5. Hasil akhir akan seperti berikut ini:



    Jangan lupa untuk klik tombol DOWNLOAD YOUR XML SITEMAP FILE untuk mendownload atau menyimpan file yang telah dibuatkan oleh xml-sitemaps.com

  6. Kalau Anda buka filenya maka isinya akan tampil seperti ini


  7. Selesai


Nah, sekarang pertanyaannya bagaimana submit ke website yang kita miliki? Nantikan artikel selanjutnya di blog ini.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama