Cara Submit Sitemap Website di Google Search Console

Google Search Console adalah salah layanan web oleh Google yang memungkinkan webmaster memeriksa status pengindeksan dan mengoptimalkan visibilitas situs web mereka. Hingga 20 Mei 2015, layanan tersebut bernama Google Webmaster Tools. Pada Januari 2018, Google memperkenalkan versi baru dari konsol pencarian, dengan perubahan pada antarmuka pengguna dan nama Google Search Console.

Bagaimana Cara Submit Sitemap di Google Search Console?

  1. Buka alamat https://search.google.com/search-console/about
  2. APabila Anda belum pernah menambahkan properti atau web apapun, maka akan ditampilkan halaman kosong saja. Maka, langsung klik di bagian form Tambahkan properti di kiri layar atas seperti gambar dibawah ini, kemudian pilih Tambahkan properti.



  3. Selanjutnya akan muncul jendela seperti ini



    Kalau Anda memilih yang di sebelah kiri maka perlu untuk verifikasi via DNS yang ada di penyedia Domain saat Anda beli pertama kali. Tapi, kalau Anda memilih yang di sebelah kanan dengan nama Awalan URL atau URL Prefix maka cukup memasukkan URL webnya saja. Saya akan menggunakan cara yang di sebalah kanan pada artikel kali ini.

  4. Kemudian akan muncul jendela seperti gambar dibawah ini



  5. Saya akan memilih Tag HTML saja supaya bisa dimasukkan ke dalam body template blog dengan mudah. Copy dan paste (COPAS) bagian kode <meta name="google-site-verification" content="EBsx...." dengan klik tombol SALIN disampingnya. Apabila Anda sudah copas dan masukkan ke body dari template blog, maka klik tombol VERIFIKASI. Masa verifikasi biasanya memakan waktu 1-2 hari yang nantinya akan menampilkan statistik di dashboard Google Search Console pertama kali.



  6. Selanjutnya adalah memasukkan kode yang sudah Anda copas sebelumnya ke template blog. Silahkan masuk ke dashboard blogger dan buka halaman Theme atau Tema, kemudian klik panah kebawah disamping tombol Customise seperti gambar dibawah ini, mungkin dalam bahasa indonesia tulisannya adalah Menyesuaikan atau sesuaikan.



  7. Nantinya akan tampil seperti gambar dibawah ini dan pilih Edit HTML.



  8. Cari tag <head> dan letakkan kode yang telah kita siapkan dari halaman Google Search Console sebelumnya pada baris setelah tag <head> seperti di kotak berwarna orange dibawah ini. Jangan lupa untuk menekan tombol Save / Simpan di kanan layar seperti pada kotak berwarna hijau di gambar dibawah ini.



  9. Apabila saat verifikasi gagal akan tampil seperti ini, silahkan coba beberpa saat lagi misalnya beberapa jam atau hari. Biasanya verifikasi yang gagal ini disebabkan ada kesalah dalam proses pembuatan atau memasukkan kode dari Google Search Console ke blogger atau Bloggernya sendiri sedang mengalami gangguan.



  10. Apabila website sudah terbaca oleh Google Search Console, maka pilih menu Sitemaps, kemudian masukkan alamat URL website Anda di form Add a new sitemap, kemudian klik tombol SUBMIT. Apabila google selesai melakukan pengecekan maka sitemap website Anda akan tampil seperti dibawah ini dengan Status Success dan jumlah Discovered URL atau URL yang terbaca.




  11. Selesai
Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama